Lompat ke isi utama
x

Pimpinan

 

Prof. Dr. Ir. Marwan.,IPU lahir di Bireuen pada 24 Desember 1966. Dosen tetap Jurusan Teknik Kimia USK ini menyelesaikan program sarjananya di Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya pada tahun 1990. Ia kemudian mendapatkan beasiswa dan berhasil meraih gelar doktor (Ph.D)-nya untuk bidang Teknik Kimia di University of Birmingham, pada tahun 1998 Inggris. Pada Januari – Juni tahun 2001, Marwan pernah mengikuti Short Term Training in Research, di Shizuoka University, Jepang. Beberapa program internship juga pernah diikuti Dosen Teknik Kimia USK ini. Di antaranya, Internship Program on Faculty Management in Engineering, University of Kentucky, Lexington (USA) pada Juni 2010. Kemudian, Marwan juga telah meraih gelar profesi Insinyurnya di kampus ini pada 2021.

Marwan merupakan salah satu peneliti USK yang tergolong produktif mempublikasikan artikel ilmiah dalam bentuk jurnal. Publikasinya banyak terkait reaktor multi fase monolitik, biomassa serta penerapan gelombang mikro dalam reaksi kimia. Marwan mengawali karirnya di USK sebagai dosen pada tahun 1991. Ia kemudian diamanahi sebagai Kepala Lab Pengendalian Proses pada tahun 1998 – 2004. Lalu pada tahun 2004 – 2008, ia menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia di Fakultas Teknik USK. Kepercayaan kepadanya terus berlanjut, Marwan kemudian menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik USK untuk periode tahun 2009 – 2013. Di tingkat nasional Marwan pernah menjadi Anggota Majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2006 – 2012. Sementara di daerah, Ia pernah menjadi Ketua Komisi Pendidikan Tinggi Majelis Pendidikan Daerah Aceh pada tahun 2013 – 2016.

Marwan memiliki pengalaman yang panjang dalam bidang penjaminan mutu. Di antaranya, ia pernah mengikuti program Intrenship di Institution Based Accreditaion for Higher Education, Australian Universities Quality Agency (AUQA) di Melbourne pada Agustus 2008. Kemenristekdikti juga mempercayainya sebagai fasilitator Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Pengalaman inilah yang membuat ia dipercaya menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) USK pada tahun 2015 – 2018. Pengalaman dan kontribusinya dalam meningkatkan akademik di USK, menjadikan Marwan dipercaya untuk menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik untuk periode 2018 – 2022. Dan saat ini, Marwan dimanahkan untuk menjadi Rektor USK pada periode 2022 – 2026.

 

lahir di Samalanga, 22 September 1963. Ia menempuh pendidikan sarjananya di Program Studi Teknik Sipil pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala tahun 1989. Selanjutnya, Taufiq Saidi melanjutkan program magisternya di Hokkaido University, Jepang pada tahun 1999. Di kampus ini pula Taufiq Saidi menuntaskan pendidikan doktornya pada tahun 2000.

Setelah menempuh studi di Jepang, Taufik Saidi melanjutkan pengabdiannya untuk menjadi dosen di USK. Lalu ia dipercaya sebagai Ketua Tim Pembentukan Magister Teknik Sipil USK. selanjutnya, dirinya diberikan amanah untuk menjadi Ketua Prodi Magister Teknik Sipil, yang merupakan prodi magister pertama di Fakultas Teknik USK.

Dari tahun 2007 – 2017, Taufiq Saidi ditugaskan sebagai Kepala Laboratorium Terpadu USK. Dalam periode kepemimpinannya tersebut, Lab Terpadu USK ini berhasil meraih akreditasi SNI/IEC 17025.  Selanjutnya, Taufiq Saidi pernah menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kerja Sama Fakultas Teknik USK pada tahun  2009 – 2013.

Lalu Taufiq Saidi dipercaya menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik USK pada periode 2017 – 2021. Dan saat ini dirinya dipercaya sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat USK.

Sebagai dosen, Taufiq Saidi aktif terlibat dalam pendidikan dan penelitian di bidang teknik struktur. Adapun mata kuliah yang diampunya adalah desain struktur beton bertulang, metode elemen, analisis struktur, dinamika struktur, dan teknik gempa.

Pada bidang riset, Taufiq Saidi aktif melakukan penelitian di bidang teknologi beton, struktur beton bertulang, perkuatan struktur beton bertulang, dan analisis struktur serta banyak mempublikasikan hasil risetnya di jurnal dan seminar, baik nasional maupun internasional.

Kepakaran Taufiq Saidi juga turut memberikan kontribusi dalam upaya pembangunan daerah. Misalnya, dirinya pernah dipercaya sebagai Direktur Pendidikan di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias (BRR Aceh-Nias) pada 2005 – 2007.

Kepercayaan ini tidak lepas dari pengalamannya sebagai Ketua Satgas Rekonstruksi Aceh (UAR) USK. Gugus Tugas tersebut dibentuk oleh Rektor USK sebagai respon pascagempa dan tsunami pada 2004 silam.

Selain itu, Taufiq Saidi juga tergolong aktif dalam organisasi profesi. Seperti, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Indonesia (LPJK), Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI).

LPJK merupakan organisasi besar di Indonesia pada bidang industri konstruksi. Pada tahun 2008 – 2012, Taufiq Saidi dipercaya sebagai Sekjen LPJKD Aceh. Lalu dirinya dipercaya sebagai Wakil Ketua LPJKD Aceh untuk periode 2011 – 2014.

.

lahir di Aceh Besar pada tahun 1966. Pendidikan dari SD sampai dengan SMP ia tempuh di Indrapuri. Kemudian  melanjutkan pendidikan di SMPPN Banda Aceh dan selesai pada tahun 1985.

Mustanir melanjutkan Pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya dan lulus pada tahun 1991. Selesai menempuh pendidikan sarjananya tersebut, ia kembali ke Aceh untuk mengabdi sebagai dosen di Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 1994 sampai 2000, ia melanjutkan S2 dan S3 di Kyushu University Jepang dalam bidang kimia organik.

Sekembalinya dari melanjutkan studi di Jepang, Pakar Kimia Organik USK ini aktif pada beberapa hibah kompetisi untuk peningkatan manajemen perguruan tinggi. Hibah tersebut di antaranya, melalui DUE-LIKE sebagai sekretaris PIU dan Direktur TPSDP sampai dengan tahun 2003. Selanjutnya dari 2003 sampai dengan 2011, dirinya diamanahkan sebagai Dekan Fakultas MIPA USK selama dua periode.

Selesai menjabat sebagai Dekan FMIPA, mulai tahun 2012 sampai dengan 2014 dirinya menjabat sebagai Ketua BAPEL KKN USK. Pengalaman manajemen lainnya tahun 2015 menjabat sebagai Dekan Fakultas Sains Teknologi di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan 2016-2021 sebagai Majelis Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Kini, Mustanir diamanahkan sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USK untuk periode 2022-2026.

Selain kegiatan formal, Mustanir juga aktif pada beberapa organisasi sosial – keagamaan, sebagai ketua Bidang Pengurus Pusat Asosiasi Masjid Indonesia (AMKI), Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI), Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI), Aliansi Perguruan Tinggi Anti Narkoba (ARTIPENA).

.

adalah dosen tetap Program Studi Magister Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (USK). Marwan lahir di Tg. Pinang pada 25 November 1971. Dirinya menyelesaikan program sarjana di FMIPA USK pada Program Studi Matematika, Banda Aceh pada tahun 1997.

Kemudian dirinya berhasil meraih gelar magister dan doktor dalam bidang Matematika Terapan di Institut Teknologi Bandung, berturut-turut pada tahun 1999 dan 2006. Pada rentang waktu tahun 2003 – 2004, Marwan mengikuti sandwhich program di University of Twente Belanda dalam rangka pelaksanaan riset program doktornya.

Selain aktif pada kegiatan akademik, Marwan juga aktif dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai rangkaian tri dharma. Dilihat dari sisi produktifitas dalam menghasilkan karya ilmiah, baik yang dipublikasi pada jurnal maupun prosiding, Marwan tergolong dalam peneliti yang produktifitasnya cukup tinggi.

 Hingga saat ini, tidak kurang dari 75 karya ilmiah yang berhasil dipublikasi pada jurnal maupun prosiding yang bereputasi. Publikasi yang dihasilkan terkait dengan penerapan matematika dalam berbagai bidang, di antaranya gelombang ekstrim, penyakit infeksi dan tata ruang. Selain karya ilmiah dalam bentuk jurnal maupun prosiding, Marwan yang sudah menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk buku.

Marwan mengawali karirnya di USK sebagai dosen pada tahun 1999. Amanah pertama sebagai Kepala Laboratorium Matematika Terapan dijalankannya pada tahun 2007 – 2011. Pada tahun 2012 – 2016, ia menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Magister Matematika USK dan kemudian menjabat sebagai Sekretaris Senat USK pada tahun 2017-2022.

 Pada tahun 2021-2022, Marwan juga diamanahkan sebagai Ketua Program Studi Magister Matematika USK. Saat ini, Marwan diamanahkan sebagai Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan USK periode 2022 – 2026.

adalah putra asli Aceh Timur. Ia lahir di Alue Lhok pada 8 April 1968. Riwayat pendidikan dasarnya ia tempuh di Alue Lhok. Kemudian SMP dan SMA ia lanjutkan di Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Agussabti kemudian menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala dan lulus pada tahun 1991. Ia kemudian melanjutkan pendidikan masternya bidang Ilmu Penyuluhan Pembangunan Institut Pertanian Bogor, yang ia selesaikan pada tahun 1997. Di kampus yang sama pula, Agussabti berhasil meraih gelar doktornya pada tahun 2002.

Pada 2 Juni 2022 lalu, Agussabti berhasil meraih gelar profesornya di USK. Dalam orasi ilmiahnya, Agussabti memaparkan hasil kajiannya terkait bagaimana menerapkan kebijakan penyuluhan pertanian berbasis digital.

Agussabti telah menjadi dosen USK sejak tahun 1993. Ia kemudian menjabat sebagai Ketua Jurusan  Sosiologi Ekonomi Pertanian pada tahun 2008 – 2011. Setelah itu, Ia dipercaya untuk menjadi Dekan Fakultas Pertanian USK salama dua priode yaitu 2011 – 2015 dan 2015 – 2018., Agussabti lalu diamanahkan menjadi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan USK untuk priode 2018 – 2022. Dan saat ini, dirinya dipercaya untuk menjadi Wakil Rektor I USK Bidang Akademik untuk periode 2022 – 2026.

Peneliti USK ini pernah meraih penghargaan sebagai Peneliti Berprestasi untuk katagori Penelitian Fundamental bidang Sosial dari Kemenristekdikti pada tahun 2005. Agussabti juga aktif pada beberapa organisasi di luar kampus dan menjabat posisi strategis pada organisasi tersebut. Seperti Ketua I  ICMI Wilayah Aceh, Ketua Umum IKAMAPA, Ketua Umum IPQAH Aceh, Ketua Umum PERHEPI Banda Aceh, Ketua FKPTPA dan Wakil Ketua I HIPIIS.

Adapun beberapa pelatihan yang pernah diikutinya adalah Training of Trainer Program Palugung di Cisarua pada tahun 1998. Participatory Local Social di Makasar tahun 2005 dan Disaster Risk Reducation Training di Bangkok, Thailand pada tahun 2008.

Agussabti juga kerap mewakili USK dalam forum-forum internasional seperti Foreign Visiting Research di Nagoya, Jepang 2008. Kunjungan  kerja sama di Taiwan 2013 serta menghadiri seminar internasional di Turki 2014, Vietnam  2015, Australia tahun 2016 dan Jerman 2018. Serta ke Yunani pada Project Erasmus untuk program pertanian berkelanjutan pada tahun 2018 dan 2019.

Kepakaran Agussabti juga banyak memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah khususnya Aceh. Dirinya pernah dipercaya untuk menjadi Tenaga Ahli pada Dinas Pertanian Aceh, Tenaga Ahli BAPPEDA Aceh Tahun 2018 dan 2019, sebagai Percepatan Pembangunan Aceh 2017 dan sebagai Ketua Komisi Penyuluhan Aceh 2018 – 2022.